PENGERTIAN DAN RUANG LINGKUP ILMU PENDIDIKAN ISLAM (IPS)


1. Pengertian dan Ruang Lingkup Ilmu Pendidikan Islam
            Pengertian ilmu” pengetahuan yang disusun secara sistematis, rasional, empiris dan universal. Pendidikan menurut Abdullah Rahman An-Nahlawi berasal dari kata Tarbiyah:
-­rabb yarbuu: bertambah dan tumbuh
-Rabiya yarbu: tumbuh dan berkembang
-Rabba yarbu: memperbaiki. Menguasai, memimpin, menjaga dan memelihara;
Adapun makna tarbiyah:
-Memelihara fitrah manusia
-Menumbuhkan seluruh bakat dan kesiapannya
-Mengarahkan fitrah dan seluruh bakatnya agar menjad agar baik dan sempurna
-Bertahap dalam proses
Pendidikan adalah
oProses yang mempunyai tujuan
oPendidik yang sebenarnya adalah Allah karena Dialah yang menciptakan fitrah manusia
oPandidikan menghendaki penyusnan langkah-langkah sistematis yang harus dilalui secara bertahap oleh berbagai kegiatan pendidikan dan pengajaran
oPendidikan harus mengikuti hukum-hukum pencipta dan syariat yang telah ditetapkan oleh Allah
Makna ta’lim menurut Abdul Fattah:
oProses pembelajaran secara terus menerus sejak manusia lahir melalui pengembangan fungsi-fungsi pendengara, penglihatan dan hati
oProses ta’lim tidak berhenti pada pencapaian pengetahuan pada wilayah kognisi semata, melainkan wilayah psikomotor dan efeksi.

Jadi ilmu pendidikan islam adalah
1.Ilmu tentang mendidik agar manusia beragama islam
2.Ilmu pendidikan yang berdasarkan islam
Konsep dasar pendidikan islam yakni usaha, kemanusiaan, perkembangan, proses, bimbingan oleh manusia secara sadar.
Ruang lingkup pendidikan islam ada tujuh:
1.Kehidupan beragama, agar perkembangan pribadi manusia sesuai dengan norma islam
2.Kehidupan keluarga, agar perkembangan menjadi keluarga sejahtera
3.Kehidupan sosial, agar dapat berkembang menjadi sistem bebas dari penghisapan manusia lain
4.Kehidupan politik, agar tercipta sistem demokrasi yang sehat dan dinamis sesuai dengan islam
5.Budaya, agar menjadi manusia penuh keindahan dan kegairahan dengan nilai norma
6.Ekonomi, terbina masyarakat yang adil dna makmur dengna ridha Allah SWT
7.Pengetahuan, bertujuan agar berkembang menjadi alat untuk menapai kesejahteraan umat manusia yang dikendalikan oleh iman
2. Dasar dan Tujuan Pendidikan Islam
Adalah merupakan landasan operasional yang digunakan untuk merealisasikan dasar ideal atau sumber pendidikan islam
Adapun dasar pendidikan islam ada dua:
1.Dasar ideal, Al-Qur’an dan Al-Hadis
2.Dasar operasional,
-Historis
-Filosofis
-Ekonomi
-Politik
-Sosiologis
-Psikologis

3. Tujuan Pendidikan Islam
Tujuan, batas akhir yang dicita-citakan dan dijadikan pusat perhatian untuk dicapai. Tujuan pendidikan, batas akhir melalui usaha pendidikan, ada empat:
-Nasional, mencerdaskan kehidupan berbangsa, mengembangkan potensi dll
-Institusional, tujuan yang dicapai oleh sebuah lembaga, PT, dll
-Kurikulum, tujuan yang dicapai oleh suatu mata pelajaran atau kuliah
-Intruksional, tujuan yang ingin dicapai dari setiap penyabaran meteri
Jadi tujuan pendidikan islam menurut M. Athiyah Al-Abrasyi:
1.Tujuan tertinggi, tercapai akhlak yang sempurna
2.Tujuan umum,
3.Tujuan akhir, menjaid manusia sebagai makhluk yang bertaqwa dan meninggal dalam keadaan beragama islam

4. Prinsip-Prinsip Pendidikan Islam
            Prinsip pendidikan adalah Sebuah pegangan yang dipakai dalam kegiatan yang diyakini akan kebenaranya. Beberapa hal yang berkaitan dengan prinsip pendidikan yakni:
1.Prinsip Berwawasan Nilai
2.Prinsip Percaya pada Diri Sendiri
3.Prinsip Kebebasan untuk Memilih
4.Prinsip Kreatif
Menurut Abudin Nata prinsip secara pendidikan islam ada lima, yaitu:
¬Prinsip tujuan
1.Universal
2.Keseimbangan dan kesederhanaan
3.Kejelasan
4.Realisme dan realisasi
5.Dinamisme
¬Prinsip metode
1.Sesuai dengan psikologi anak
2.Sesuai dengan tujuan pelajaran
3.Memelihara tahap kematangan
4.Partisipasi praktikal (amal)
¬Prinsip kurikulum
1.Ruh Islamiyah
2.Universal
3.Balancing (Keseimbangan)
4.Sesuai dengan perkembangan psikologis anak
5.Memperhatikan lingkungan sosial masyarakatnya
¬Prinsip evaluasi
1.Objektifitas
2.Keadilan
3.Kejujuran
4.Keterbukaan
¬Prinsip hubungan guru-murid
1.Humanistik (Kemanusiaan)
2.Egaliter (Kesederajatan dalam pembelajaran)
3.Demokratis
5. Sumber-Sumber Pendidikan Islam
1.Al-Qur’an
            Merupakan sumber pendidikan utama bagi setiap muslim, sesungguhnya Allah telah memberikan pengetahuan dan pelajaran melalui wahyuyakni Al-Qur’an, dimana menduduki tempat paling utama dalam pengambilan sumber pendidikan islam.

2.Al-Sunnah
            Sunnah merupakan manivestasi atau penafsiaran Al-Qur’an yang paling baik, yakni berupa perkataan, perbuatan dan ketetapan Nabi dimana dijadikan sumber pendidikan islam.
3.Kata-kata sahabat
            Sahabat adalah orang yang paling dekat dan bertemu langsung dengan Nabi, sehingga perkataan mereka dapat juga dijadikan sumber pendidikan islam
4.Kemashalatan masyarakat
            Maksudnya adalah suatuyang membawa manfaat dan menjauhkan dari mudarat, kemashalatan berkembang dan berubah sesuai dengan zaman dan berbeda menurut tempat.
5.Nilai-nilai adat istiadat dan kebiasaan sosial
            Berkaitan bawa pendidikan adalah usaha memelihara, pengembangan dan pewarisan nilai-niai budaya atau kebiasan sosial masyarakat yang positif.
6.Hasil pemikiran-pemikiran dalam islam
            Seperti pemikiran para filosofi, pemikir dan intelek muslim khususnya dalam bidan pendidikan dapat menjadi referendi pengembangan pendidikan islam.

0 komentar: