JENIS - JENIS TUMBUHAN AIR

Secara garis besar tumbuhan air dikelompokkan menjadi 4 tipe yaitu :
  • Tumbuhan Air Oksigen
    Pembudidayaan tumbuhan air oksigen biasanya dilakukan di dalam akuarium. Ciri khasnya adalah seluruh bagian tumbuhan terendam air. Ia mampu membersihkan udara, menyerap kandungan garam yang berlebihan didalam air, menjadi tempat berlindung dan menyimpan telur ikan. Tumbuhan ini sangat cocok dijadikan tanaman penghias akuarium. Contohnya adalah Hydrilla verticilata, Utricuralia bifida, Limnophila sessiliflora.
  • Tumbuhan Air Mengapung
    Jenis tumbuhan air mengapung mudah dikenali karena akarnya tidak memerlukan media tanam lain kecuali air. Contohnya eceng gondok(Eichornia crasipes) dan kupu-kupu (Pistia stratiotes).
  • Tumbuhan Air Lumpur
    Seperti namanya tanaman ini butuh media berlumpur didalam air. Lazimnya digunakan untuk memberikan kesan alami pada kolam. Contohnya adalah Echinodorus dan Araceae(Talas-talasan).
  • Tumbuhan Air Pinggir
    Biasanya ia tumbuh ditempat yang selalu basah, dalam genangan air atau rawa-rawa. Karena itu, acapkali dibagian pinggir kolam dan menjadi latar belakang kolam tersebut. Contohnya adalah Acorus calamus, Cyperus spp.,Sagittaria spp. Cirinya, meski batangnya terendam, sebagian besar batang, daun, dan bunganya muncul di permukaan air. Media tanamnya berupa tanah yang terendam.

0 komentar: